Jelang Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun

- 22 Desember 2022, 18:27 WIB
Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan Uang Tunai sebesar Rp4 Triliun jelang Natal dan Tahun Baru
Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan Uang Tunai sebesar Rp4 Triliun jelang Natal dan Tahun Baru /Foto: Dok. BI Sulsel

JURNAL SINJAI – Momen perayaan Natal dan Tahun Baru diproyeksi bakal meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Mengantisipasi kondisi tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menyiapkan dan menjamin kecukupan uang tunai yang diedarkan di masyarakat.

Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman KaranaBI Sulsel menyiapkan persediaan uang tunai sebesar Rp4 triliun.

Baca Juga: Konsumsi Diprediksi Meningkat Selama Nataru, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Tambah Stok BBM dan LPG

"Besarnya penyediaan uang tunai tersebut sudah memperhitungkan banyak faktor, termasuk prakiraan peningkatan aktivitas ekonomi dan perjalanan masyarakat jelang akhir tahun 2022," ujar Causa Iman Karana.

Ia bilang BI Sulsel melakukan pendistribusian uang ke seluruh wilayah Sulsel, termasuk melalui kas titipan, agar perbankan memiliki kecukupan persediaan uang tunai, baik secara jumlah maupun jenis pecahan.

"BI Sulsel mewajibkan bank dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang dengan kualitas baik dan optimal termasuk pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang sesuai dengan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)," jelasnya.

Sementara untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran jelang akhir tahun 2022, BI Sulsel meminta masyarakat untuk selalu mewaspadai risiko uang palsu dengan mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah melalui metode 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).

Baca Juga: Larangan Ekspor Bijih Bauksit Mulai Juni 2023, Presiden Jokowi: Bakal Tingkatkan Pendapatan Negara

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x