Harga Daging Ayam dan Telur Alami Kenaikan, KPPU Ingatkan Pelaku Usaha Tidak Hambat Jalur Distribusi

- 25 Maret 2023, 13:38 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan pernyataan setelah melakukan sidak di Pasar Terong, Jumat, 24 Maret 2023.
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan pernyataan setelah melakukan sidak di Pasar Terong, Jumat, 24 Maret 2023. /KPPU Kanwil VI Makassar/

JURNAL SINJAI – Memasuki hari kedua bulan Ramadhan, terjadi kenaikan harga pada sejumlah komoditas di Pasar Terong, Makassar, khususnya daging ayam dan telur.

Daging ayam naik Rp5 ribu, dari sebelumnya Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu. Sementara telur naik jadi Rp55 ribu per rak yang biasanya Rp45-48 ribu per rak.

Baca Juga: Pantau Bahan Pokok di Pasar Terong, Gubernur Sulsel: Ada Kenaikan Harga Daging Ayam dan Telur

Temuan tersebut berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman bersama Kepala Kanwil VI KPPU Hilman Pujana, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, serta jajaran Forkopimda Sulsel, Jumat, 24 Maret 2023.

Andi Sudirman menyampaikan ada kenaikan harga pada komoditas daging ayam dan telur.

"Ada kenaikan harga, namun masih wajar, kalau harga naik tajam akan dilakukan operasi pasar. Mungkin karena awal Ramadan saja. Akan kita cek nanti pada pertengahan Ramadan," ujar Andi Sudirman.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Pangan Alami Kenaikan Hampir di Seluruh Wilayah Indonesia

Sementara itu Kepala Kanwil VI KPPU Hilman Pujana menyampaikan agar pelaku usaha tidak menghambat jalur distribusi.

"Saya harap pelaku usaha di jalur distribusi bahan pokok untuk tidak menghambat kelancaran distribusi barang sampai ke pasar. KPPU akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada upaya untuk menghambat pasokan," tegas Hilman.***

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x