BI Sulsel Prediksi Kebutuhan Uang Tunai Naik 14 Persen Selama Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2023

- 27 Maret 2023, 16:27 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan perkiraan kebutuhan uang tunai meningkat di periode Ramadan tahun ini
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan perkiraan kebutuhan uang tunai meningkat di periode Ramadan tahun ini /BI Sulsel

JURNAL SINJAI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menyiapkan dan menjamin kecukupan uang tunai yang dibutuhkan masyarakat selama Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

BI Sulsel memperkirakan kebutuhan uang tunai masyarakat sebesar Rp5,8 triliun atau naik sekitar 14 persen (yoy) dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp5,04 triliun.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko mengatakan besarnya penyediaan uang tunai tersebut sudah memperhitungkan banyak faktor.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun

"Termasuk normalisasi aktivitas masyarakat pasca pencabutan PPKM, pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat seiring pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran," ujar Rudy, Senin, 27 Maret 2023.

BI Sulsel bersinergi dengan perbankan membuka layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat melalui loket-loket penukaran di 112 kantor cabang bank yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

Selain itu, BI Sulsel juga menyelenggarakan layanan kas keliling sebanyak 32 kali di 24 titik strategis, termasuk di pusat keramaian, pasar tradisional, dan instansi pemerintah. Pendaftaran dan antrian penukaran uang pada layanan kas keliling dilakukan melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x