Peringatan Dini Cuaca! Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

- 25 Januari 2022, 08:22 WIB
Ilustrasi cuaca. BMKG memperingatkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah.
Ilustrasi cuaca. BMKG memperingatkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah. /Pixabay.com/FelixMittermeier

JURNAL SINJAI – Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Selasa, 25 Januari 2022. Masyarakat diminta untuk waspada.

Dilansir JurnalSinjai.com dari ANTARA, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam sistem peringatan dini cuaca, memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Selanjutnya di Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV 25 Januari 2022: Ada Tayangan Menolak Talak, Gopi, Silsila dan Balika Vadhu Hari Ini

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Sebelumnya, BMKG melaporkan adanya bibit siklon 91W di utara Indonesia, tepatnya di sekitar Samudra Pasifik barat sebelah timur Filipina bagian selatan atau di 8.3°LU 128.0°BT, berdampak pada kondisi cuaca.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan melalui pemantauan Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC), bibit siklon tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 20 knot (37 km/jam) dan tekanan udara minimum di sekitar pusat sistem mencapai 1.008 hPa.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Pastikan Akan Lanjutkan Tender Stadion Mattoanging

Guswanto mengatakan sistem bibit siklon 91W bergerak ke arah barat hingga barat laut mendekati wilayah daratan Filipina dan semakin menjauhi wilayah Indonesia. Dalam periode 24 jam ke depan masih berada pada kategori rendah untuk menjadi sistem siklon tropis.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x