Gastrochilus Wolongensis, Spesies Anggrek Baru yang Ditemukan di China Barat Daya

- 14 Agustus 2022, 15:52 WIB
Tanaman anggrek Gastrochilus wolongensis di Fuligong Greenhouses di Kunming Botanical Garden di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya
Tanaman anggrek Gastrochilus wolongensis di Fuligong Greenhouses di Kunming Botanical Garden di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya /Xinhua/Lan Hongguang

JURNAL SINJAI - Sejumlah peneliti China menemukan spesies anggrek baru di habitat panda raksasa di Provinsi Sichuan.

Spesies Anggrek baru tersebut diberi nama Gastrochilus wolongensis yang diambil sesuai nama daerah Wolong di Taman Nasional Panda Raksasa.

Spesies baru tersebut ditemukan oleh peneliti dari Institut Biologi Chengdu yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

Ini pertama kali ditemukan di taman pada November 2020 oleh para peneliti dari institut dan pekerja di cagar alam.

Baca Juga: Kemenhub Tunda Kenaikan Tarif Ojol, Sampai Kapan?

Setelah melakukan pengamatan jangka panjang, para peneliti mengumpulkan spesimen bunganya dan mengidentifikasinya sebagai spesies anggrek baru.

Menurut pihak institut, analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa spesies baru itu berkaitan erat dengan Gastrochilus ciliaris dan Gastrochilus formosanus yang telah diketahui.

Gastrochilus adalah genus tanaman dalam keluarga anggrek. Di antara 58 spesies di bawah genus tersebut, 17 spesies merupakan endemik di China.

Temuan itu diterbitkan dalam jurnal Ecosystem Health and Sustainability baru-baru ini.

Editor: Wahyudi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x