Presiden Jokowi Resmikan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare: Dapat Tingkatkan Daya Saing Sulsel

- 29 Maret 2023, 23:14 WIB
Presiden Jokowi meresmikan jalur kereta api Makassar-Parepare, Rabu, 29 Maret 2023
Presiden Jokowi meresmikan jalur kereta api Makassar-Parepare, Rabu, 29 Maret 2023 /Website/Pemprov Sulsel

JURNAL SINJAI — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare Antar Maros-Barru di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, Rabu, 29 Maret 2023.

Presiden Jokowi berharap jalur kereta api ini tidak hanya menjadi pilihan transportasi bagi masyarakat tetapi juga dapat menekan biaya logistik yang sekaligus dapat meningkatkan daya saing Sulawesi Selatan dan juga Indonesia.

“Ini kalau nanti betul-betul sudah keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan semakin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah,” kata Presiden Jokowi. 

Baca Juga: BI Sulsel Prediksi Kebutuhan Uang Tunai Naik 14 Persen Selama Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2023

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan kehadiran kereta api ini sangat disambut baik. Pasalnya akan memudahkan mobilitas masyarakat dan pengangkutan logistik.

“Dan tentu ini sangat disambut dengan baik. Karena yang dulunya ke bandara harus membawa kendaraan sendiri, sekarang sudah ada settle bus nyambung dengan kereta dan langsung ke bandara,” ujar Andi Sudirman.

Salah satu yang menarik adalah jalur kereta api di Sulsel melewati banyak objek wisata. Diantaranya, Geopark Kars Rammang-Rammang yang tahun lalu masuk nominasi UNESCO Global Geopark (Taman bumi dunia).

“Banyak sekali turis yang datang. Kebetulan terminal ini terkoneksi dengan Rammang-Rammang,” jelasnya.

Baca Juga: Pantau Bahan Pokok di Pasar Terong, Gubernur Sulsel: Ada Kenaikan Harga Daging Ayam dan Telur

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: sulselprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x