Mendagri Tito Karnavian Ungkap Sumber Pasokan Senjata Api KKB di Papua

- 25 Mei 2023, 18:05 WIB
Mendagri Tito Karnavian/Humas Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian/Humas Kemendagri /

JURNAL SINJAI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian baru-baru ini mengungkapkan beberapa sumber pasokan dan amunisi senjata yang dimiliki oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Tito, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua pada tahun 2012, menjelaskan bahwa pasokan senjata api ilegal yang masuk ke wilayah Papua berasal dari Papua Nugini.

"Saya pernah jadi Kapolda di sana (Papua), setahu saya ada beberapa kasus tapi tidak banyak," ungkap Tito, Kamis 25 Mei 2023.

Baca Juga: Gercep! Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pencurian Mobil di Malang Kurang Dari 24 Jam

Senjata itu bisa masuk melalui jalur-jalur darat, menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke. Kendati demikian, kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua-PNG dinilai tidak banyak.

Menurut dia, senjata ilegal itu juga merupakan hasil perampasan usai tembak menembak antara kelompok bersenjata Papua dengan aparat keamanan.

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," katanya.

Tidak hanya itu, sambung Tito, senjata ilegal yang digunakan oleh KKB berasal dari daerah yang pernah berkonflik, seperti Konflik Ambon Bersenjata. Sebab, senjata yang tersisa usai konflik dijual kembali.

"Senjata-senjata itu banyak yang sudah selesai konflik. Ini kan masih disimpan, itu dijual oleh yang berkonflik," tutur Tito.

Baca Juga: Kontak Tembak dengan KKB di Nduga, Satu Prajurit TNI Gugur

Halaman:

Editor: Wahyudi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x