Siswa Sekolah di Bone Punya Seragam Baru, Bakal Gunakan Pakaian Adat

- 14 April 2024, 15:24 WIB
Ilustrasi.Siswa Sekolah di Bone Punya Seragam Baru, Bakal Gunakan Pakaian Adat
Ilustrasi.Siswa Sekolah di Bone Punya Seragam Baru, Bakal Gunakan Pakaian Adat /Dokumen SMA 1 Cikande

JURNAL SINJAI - Mulai tahun ajaran baru 2024-2025, para pelajar di Kabupaten Bone akan mengenakan seragam baru yang lebih semarak, yaitu seragam bermotif adat.

Hal ini sesuai dengan peraturan terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Andi Fajaruddin, kebijakan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan memperkuat identitas budaya lokal pada peserta didik.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Arus Balik Lebaran, Kementerian PAN-RB Izinkan ASN WFH 16-17 April 2024

"Seragam adat ini diharapkan dapat menjadi pembeda dan ciri khas tersendiri bagi sekolah-sekolah di Bone," ujar Andi Fajaruddin.

Lebih lanjut, Andi Fajaruddin menjelaskan bahwa model dan warna pakaian adat akan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak setiap siswa untuk menjalankan agama dan kepercayaan mereka.

"Penggunaan seragam adat juga diserahkan kepada sekolah untuk mengaturnya. Bisa saja digunakan pada hari-hari tertentu atau pada saat peringatan kebudayaan," ungkap A Fajaruddin.

Sementara itu, untuk seragam nasional akan dikenakan setiap hari Senin dan Kamis, serta pada hari pelaksanaan upacara bendera. Pakaian seragam pramuka dan khas sekolah digunakan pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Baca Juga: Mobil Berpenumpang 7 Orang Terjun ke Jurang Sedalam 5 Meter di Jalur Maros-Bone

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah