Pemkab Sinjai Tanam 15.000 Pohon Peringati Hari Bumi

- 22 April 2024, 21:17 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai tanam 15.000 bibit pohon dalam rangka peringati Hari Bumi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai tanam 15.000 bibit pohon dalam rangka peringati Hari Bumi /Sinjaikab.go.id

JURNAL SINJAI - Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar aksi penanaman pohon secara serentak di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Sinjai.

Sebanyak 15.000 bibit pohon ditanam dalam kegiatan ini, dengan jenis bibit yang ditanam di antaranya Ketapang Kencana, Pala, Durian, dan pohon hias Pucuk Merah.

Kegiatan penanaman pohon ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai bersama Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPTD KPH) Tangka.

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan sedekah pohon dan penanaman pohon secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, bersama perwakilan Forkopimda, di kawasan perkantoran Tanassang, Islamic Center Andi Rudiyanto Asapa, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Baca Juga: Pemkab Sinjai Gelar Rakor Persiapan Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji 2024

Kepala DLHK Sinjai, H. Sofwan Sabirin menyampaikan penanaman pohon serentak ini sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi 2024 dengan mengangkat tema "Menanam Pohon, Selamatkan Bumi”.

“Termasuk untuk membangun sinergitas seluruh komponen masyarakat yang meliputi pemerintah akademisi, daerah, aktivis lingkungan, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional dan bahkan individu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” sebutnya.

Sementara itu Sekda Sinjai, Andi Jefrianto dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kampanye udara bersih dengan menabung oksigen untuk masa depan serta memasyarakatkan budaya menanam dan memelihara pohon di wilayah Bumi Panrita Kitta.

“Peringatan Hari Bumi menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Sebagaimana diketahui bahwa Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan, lahan dan kerusakan lingkungan serta bentuk apresiasi terhadap planet Bumi yang kita tempati,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Wahyudi

Sumber: sinjaikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah