BKMG Prediksi Sejumlah Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini

- 25 Oktober 2023, 08:07 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat /Pixabay/adamtepl

JURNAL SINJAI - Menurut prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat pada hari ini, Rabu 25 Oktober 2023.

BMKG menyebutkan bahwa potensi hujan lebat bisa terjadi di berbagai daerah, termasuk Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga mengamati daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin, yang disebut konvergensi, yang terpantau membentang dari perairan barat Aceh hingga Aceh, Lampung hingga Sumatera Barat, dari perairan barat Bengkulu hingga Sumatera Utara, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara, dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat. Kondisi konvergensi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah tersebut.

Baca Juga: Akrab dengan Sawi Putih? Yuk Pahami Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebelumnya, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, telah mengumumkan bahwa prediksi berakhirnya musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia akan dimulai pada akhir Oktober ini, dengan awal musim hujan secara bertahap dimulai pada awal November 2023.

Namun, dikarenakan variasi iklim yang tinggi, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2024.

Awal musim hujan ini berhubungan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, dan oleh karena itu, diprediksi bahwa hujan akan mulai turun pada bulan November. 

"Artinya pengaruh El Nino akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan sehingga diharapkan kemarau kering ini segera berakhir secara bertahap," katanya.***

 

Halaman:

Editor: Wahyudi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah