Asam Sulfat Ramai Jadi Perbincangan Gara-gara Gibran, Apa Sebenarnya Asam Sulfat dan Dampaknya Bagi Tubuh?

- 5 Desember 2023, 12:05 WIB
Gibran Rakabuming salah menyebut zat yang baik untuk ibu hamil. Alih-alih menyebut asam folat, ia malah menyebut asam sulfat.
Gibran Rakabuming salah menyebut zat yang baik untuk ibu hamil. Alih-alih menyebut asam folat, ia malah menyebut asam sulfat. /ANTARA

JURNAL SINJAI - Asam sulfat ramai jadi perbincangan di media sosial baru-baru ini. Pemantiknya adalah calon wakil Presiden RI nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menyinggung asam sulfat saat menjadi pembicara pada kegiatan konomi kreatif pada Minggu 3 Desember 2023 lalu di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

"Ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak," kata Gibran dalam sebuah video yang beredar.

Baca Juga: Penjelasan Hasto Kristiyanto Terkai Status Gibran Rakabuming Raka di PDIP

Sejatinya dalam diskusi tersebut Gibran salah menyebut. Alih-alih menyebut asam folat, yang merupakan bentuk vitamin B9 yang digunakan untuk mengatasi defisiensi dan mencegah komplikasi kehamilan.

Lantas apa sebenarnya asam sulfat dan dampaknya terhadap tubuh? Berikut penjelasannya dikutip dari alodokter.com.

Asam sulfat biasanya terdapat pada aki, sebagian produk deterjen, pupuk, dan pembersih kamar mandi. Bila bercampur dengan air, asam sulfat bisa bereaksi dan menghasilkan panas. Bahan kimia ini juga bersifat merusak, layaknya asam klorida.

Baca Juga: Pasangan Prabowo-Gibran Daftar Capres-Cawapres di KPU Hari Ini

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah