Makassar Jadi Salah Satu Kota Smart City Terbaik di Asia Tenggara

- 6 Mei 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi smart city.
Ilustrasi smart city. /Freepik/pikisuperstar/

JURNAL SINJAI - Kota Makassar menjadi salah satu kota smart city terbaik di Indonesia, termasuk di Asia Tenggara. Hal ini berdasarkan survei Smart City Indeks (SCI) 2024 yang dirilis oleh Institute Management and Development (IMD).

Dari survei itu, di Indoensia Kota Makassar hanya kalah oleh Jakarta dan Medan sebagai smart city. Ketiga daerah ini masing-masing menduduki peringkat 103, 112, dan 115 dari total 142 kota dunia yang disurvei.

Survei tersebut juga membeberkan sisi positif Kota Makassar. Responden menyatakan kepuasan terhadap kemudahan penjadwalan layanan kesehatan secara online (skor 74), mengakses peluang kerja secara online (skor 73,9), dan akses jadwal dan pembelian tiket angkutan umum secara online (skor 72,1).

Baca Juga: Roberto Mancini Menilai 4 Pemain Timnas Indonesia U-23 Layak Main di Serie B

Meski hal itu menjadi suatu kebanggaan, SCI tetap memberikan beberapa catatan khusus kepada Kota Makassar di antaranya terkait kemacetan lalu lintas, pengangguran dan korupsi.

Prestasi ini menjadi langkah nyata tercapainya visi Moh. Ramdhan Pomanto sebagai Wali Kota Makassar, yakni Percepatan mewujudkan Makassar Kota Dunia yang Sombere’ & Smart City dengan Imunitas Kuat untuk Semua. Ia pun menyambut baik atas pencapaian ini.

“Capaian ini memacu laju Pemerintah Kota Makassar untuk membangun Kota Makassar menjadi kota yang lebih modern, efisien, dan berdaya saing tinggi dengan memberikan pelayanan publik terbaik. Dan menjadi catatan kita untuk membenahi kekurangan-kekurangan berdasarkan survei tersebut.” ucapnya pada Minggu 5 Mei 2024.

Baca Juga: Fakta-fakta Sirkuit Le Mans, Lokasi Balapan MotoGP 2024 Seri ke-5: Punya Karakter Stop and Go

Ia pun mengucapkan terima kasih atas sinergitas kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mewujudkan transformasi Makassar menuju Smart City.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: makassarkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah