Ketahanan Perbankan RI Kokoh Hadapi Badai Global, OJK Imbau Masyarakat Tetap Tenang

- 23 April 2024, 10:38 WIB
Logo OJK. Ketahanan Perbankan RI Kokoh Hadapi Badai Global, OJK Imbau Masyarakat Tetap Tenang
Logo OJK. Ketahanan Perbankan RI Kokoh Hadapi Badai Global, OJK Imbau Masyarakat Tetap Tenang /

JURNAL SINJAI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan bahwa industri perbankan Indonesia masih terjaga ketahanannya di tengah gejolak penguatan dolar AS dan tekanan geopolitik global.

Hasil uji ketahanan (stress test) OJK menunjukkan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah saat ini tidak berdampak signifikan terhadap permodalan bank.

Hal ini ditopang oleh posisi devisa neto (PDN) perbankan yang kuat dan bantalan permodalan yang memadai (CAR yang tinggi).

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp18.000, Kini di Level Rp1.325.000 per Gram

Porsi Dana Pihak Ketiga (DPK) dalam bentuk valuta asing saat ini sekitar 15 persen dari total DPK Perbankan. Sampai akhir Maret 2024, DPK valas masih tumbuh cukup baik secara tahunan (yoy) maupun dibandingkan dengan awal tahun 2024 (ytd).

Pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini juga dapat memberikan efek positif terhadap ekspor komoditas dan turunannya yang diharapkan dapat mengimbangi penarikan dana non-residen dan mendorong industri dalam negeri untuk meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri dalam proses produksinya.

OJK melakukan uji ketahanan (stress test) secara rutin terhadap perbankan dengan menggunakan beberapa variabel skenario makroekonomi dan mempertimbangkan faktor risiko utama yaitu risiko kredit dan risiko pasar.

OJK senantiasa melakukan pengawasan secara optimal untuk memastikan bahwa berbagai risiko akibat pelemahan nilai tukar maupun suku bunga yang relatif tinggi terhadap masing-masing bank termitigasi dengan baik.

Baca Juga: Rupiah Melemah Tipis Lawan Dolar AS di Selasa Pagi, Catat Rp16.244 per Dolar AS

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah