Banjir di Sulsel Rendam 9 Kabupaten dan Telan Korban Jiwa, Puluhan Ribu Warga Terdampak

- 8 Desember 2021, 17:45 WIB
Banjir Sopeng sebabkan 2 rumah tersapu dan rusak
Banjir Sopeng sebabkan 2 rumah tersapu dan rusak /Instagram/@sosmedmakassar

JURNAL SINJAI - Intensitas hujan yang tinggi dalam tiga hari di Sulsel yaitu 5-7 Desember 2021 memicu bencana banjir pada sembilan daerah di wilayah tersebut, yakni Makassar, Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, Sidenreng Rappang, Soppeng, Wajo, Gowa, dan Jeneponto.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Firda, mengatkan, banjir antara lain terjadi di Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea, Manggala, Panakukang, Tamalate, dan Rappocini di Kota Makassar.


Banjir tersebut menyebabkan 3.206 warga mengungsi di 37 tempat pengungsian di Kota Makassar.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Digigit Kucing, Betulkah Pertanda akan Terjadi Hal Buruk Menimpa Kita?

Selain di Makassar, banjir terparah juga melanda Kabupaten Pangkep yaitu di Kecamatan Balocci, Pangkajene, Bungoro, Minasatene, Labakkang, Ma'rang, Sigeri, Mandalle, serta Tondongtallasa serta berdampak pada 5.000 warga.

Banjir pun merendam Kabupaten Barru yang bersebelahan dengan Kabupaten Pangkep.

Bahkan di Kabupaten Soppeng, banjir menelan satu korban meninggal dunia dan berdampak pada 5.786 keluarga yang tersebar di Kecamatan Lalabata, Dontri-donri, Gandra, Lilirilau, Citta, Marioriawa, dan Liliriaja.

Baca Juga: Link Live Streaming Liga Champions Real Madrid vs Inter Milan, Rabu 8 Desember 2021

Selain itu, banjir melanda wilayah Kecamatan Tempe, Sabbangparu, dan Belawa di Kabupaten Wajo, serta berdampak pada sekitar 1.000 keluarga. Banjir menyebabkan sembilan sekolah, lima fasilitas kesehatan, enam tempat ibadah, dan persawahan tergenang di wilayah itu.

Di Kabupaten Maros, banjir menyebabkan permukiman warga, tempat ibadah, sekolah, dan areal persawahan tergenang di Kecamatan Marusu, Maros Baru, Lau, Bontoa, Simbang, dan Bantimurung. Banjir berdampak pada 100 keluarga di kecamatan-kecamatan itu.

Banjir juga menyebabkan permukiman, tempat ibadah, dan sekolah di Kabupaten Gowa tergenang. Banjir yang terjadi di Kecamatan Somba Opu, Bajeng, Pattalassang, Pallangga, Bontonompo, dan Barombong di Kabupaten Gowa berdampak pada 325 keluarga.

Baca Juga: Lirik Lagu Bugis Lasa Riale oleh Serly M, Iya' Mato.. Mebbu Lasa Riale..

Di Kabupaten Sidenreng Rappang, banjir menyebabkan kerusakan jembatan di Kelurahan Bilokka, Kecamatan Pancaluntang, namun tidak sampai menimbulkan korban. Banjir juga terjadi di wilayah Kecamatan Tamalate dan Binamu di Kabupaten Jeneponto. ***

Editor: Sitti Hamdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah