Air Sungai Berbusa di Kabupaten Gowa Hebohkan Warga, Begini Penjelasan FKH Sulsel

- 10 Februari 2022, 18:08 WIB
Ilustrasi air sungai berbusa.*/
Ilustrasi air sungai berbusa.*/ /Pixabay/165106

JURNAL SINJAI - Fenomena air berbusa di Sungai Parang Loe Dusun Kampung Beru, Kecamatan Parang Loe Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan sempat menghebohkan warga setempat.

Fenomena tersebut membuat Forum Komunitas Hijau (FKH) Sulawesi Selatan (Sulsel) turut angkat bicara.

Mengutip Pikiran Rakyat dalam artikel yang diterbitkan sebelumny dengan judul "Heboh Fenomena Air Sungai Berbusa di Gowa, FKH Sulsel Angkat Bicara", Ketua FKH Sulsel, Muh Yusran mengatakan bahwa air sungai berbusa bukanlah fenomena alam.

Menurutnya, kondisi itu terjadi karena faktor curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan air dari lembah jatuh ke badan sungai hingga ke aliran sungai.

Dia menerangkan bahwa fenomena air sungai berbusa bukan kali pertama terjadi, melainkan juga pernah ditemukan di wilayah Pulau Jawa.

"Kejadian itu terjadi sejak kemarin (Rabu, 9 Februari 2022) dan kami bersama rekan-rekan akademisi lainnya turun melihatnya. Fenomena itu bukan pertama kali di Indonesia, di daerah Jawa pernah terjadi juga," kata Yusran.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Danny Pomanto Positif Covid-19, Alami Demam dan Sakit Tenggorokan, Ini Kronologi Lengkapnya

Yusran menjalaskan bahwa fenomena tersebut kondisi biasa yang terjadi akibat siklus alami turunnya air hujan dari langit. Maka, mengalirkan air di lembah-lembah menurut ukurannya.

Kemudian, kata Yusran, arus itu akan membawa buih-buih yang mengambang.

Halaman:

Editor: Wahyudi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x