100 Pelaku UMKM Ramaikan Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba

- 15 September 2022, 08:20 WIB
Kapal Phinisi yang dibuat di Kabupaten Bulukumba
Kapal Phinisi yang dibuat di Kabupaten Bulukumba /kemenparekraf.go.id/

JURNAL SINJAI - Sebanyak 100 pelaku usaha menengah kecil mandiri (UMKM) meramaikan Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Terlibat juga ribuan pencinta olahraga.

Pelaku UMKM dan pecinta olahraga ini mengikuti Bira Sunset Run 2022 selama dua hari di lokasi objek wisata Kabupaten Bulukumba.

"Festival Phinisi ini memberi ruang bagi pelaku UMKM untuk berpartisipasi menawarkan aneka produknya kepada pengunjung," kata Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba, Haji Andi Daud Kahal saat dikonfirmasi di sela-sela pembukaan Festival Phinisi, Rabu 14 September.

Baca Juga: Pyunik vs Slovan Bratislava: Prediksi Skor, H2H dan Susunan Pemain di Liga Konferensi Eropa 15 September 2022

Dia mengatakan, animo pelaku UMKM patut diapresiasi. Sebab, awalnya hanya 44 pelaku UMKM yang mendaftar, namun jelang pembukaan festival, naik lebih dua kali lipat.

Begitu pula dengan peserta Bira Sunset Run 2022 yang diyakini dapat mencapai 1.000 orang hingga jelang pelaksanaan kegiatan yakni 15 - 16 September 2022.

Menurut dia, dampak dari pelaksanaan festival tersebut memberikan multiplier efek pada masyarakat setempat khususnya pelaku UMKM yang mulai bangkit setelah masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Berjalan Kaki Lima Menit Cara Terbaik Tenangkan Bayi Menangis

"Belum lagi tempat hunian di Tanjung Bira akan penuh pengunjung. Sedikitnya terdapat 114 hotel atau penginapan dengan 1400-an kamar," kata Kadispapora Bulukumba ini.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x