Manado dan Kupang Masuk Daftar 10 Kota dengan Toleransi Tertinggi di Indonesia, Kota Lainnya?

- 31 Januari 2024, 11:29 WIB
Ilustrasi. Manado dan Kupang Masuk Daftar 10 Kota dengan Toleransi Tertinggi di Indonesia
Ilustrasi. Manado dan Kupang Masuk Daftar 10 Kota dengan Toleransi Tertinggi di Indonesia /Freepik.com/rawpixel

JURNAL SINJAI - Setara Institute mencatat ada 10 daerah di Indonesia dengan tingkat toleransi tertinggi pada tahun 2023. Hal ini berdasarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023.

Direktur Eksekutif Setara Institute, Halili Hasan, mengatakan terjadi peningkatan terhadap skor toleransi di tingkat daerah.

Ditemukan ada 63 produk hukum baru berupa 11 peraturan daerah; 16 peraturan walikota; dan 34 peraturan serta keputusan turunan teknis yang progresif menopang ekosistem toleransi di kota-kota.

Baca Juga: Setara Institute Catat 10 Kota Intoleransi di Indonesia Tahun 2023, Daerah Mana Saja?

Itu sebabnya, Setara mendesak pemerintah memberlakukan sistem reward dan punishment kepada daerah-daerah dengan nilai toleransi rendah agar mendukung kemajuan toleransi.

Berdasarkan hasil penelitian Setara Institute soal IKT tahun 2023 menempatkan 10 kota teratas dengan skor toleransi tertinggi.

Daerah-daerah itu disebut berhasil memajukan toleransi beragama dan berkeyakinan dengan merujuk pada empat variabel di antaranya regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio-keagamaan.

Regulasi pemerintah kota, indikatornya mengacu pada rencana pembangunan dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan produk hukum pendukung lainnya serta tidak adanya kebijakan diskriminatif.

Baca Juga: Penguatan Kerukunan Pascapemilu 2024 Jadi Salah Satu Fokus dalam Rakernas Kemenag RI

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: BBC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah