Hati-hati! Cuaca Ekstrem Masih Mengancam, Ada Potensi Hujan Lebat Landa Sejumlah Daerah di Indonesia Hari Ini

- 29 Januari 2024, 08:44 WIB
Ilustrasi. BMKG ingatkan ada potensi hujan lebat disertai angin kencang landa sejumlah daerah di Indonesia hari ini.
Ilustrasi. BMKG ingatkan ada potensi hujan lebat disertai angin kencang landa sejumlah daerah di Indonesia hari ini. /Instagram /@humas_bandung

JURNAL SINJAI - Hujan lebat berpotensi menerjang sejumlah daerah di Indonesia pada Senin, 29 Januari 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter per hari.

Selain itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per hari juga akan menerjang mayoritas daerah di Indonesia pada Senin ini.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Berikut 5 Rekomendasi Jaket Eiger untuk Hadapi Dingin dan Hujan yang Turun Tanpa Henti

Berdasarkan catatan BMKG, daerah yang harus mewaspadai potensi hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Daerah lain yang juga akan diterjang hujan lebat adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Dari daerah tersebut, hujan lebat di beberapa wilayah di antaranya seperti Aceh, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku akan disertai dengan terjangan angin kencang.

Tak hanya angin kencang, hujan disertai kilat atau petir turut akan menerjang wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel Berlangsung Hingga 23 Januari, Masyarakat Diminta Waspada

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah