BMKG Prediksi Makassar Diguyur Hujan Mulai Bulan Depan

- 10 Oktober 2023, 10:47 WIB
Ilustrasi. BMKG prediksi Makassar diguyur hujan mulai bulan depan
Ilustrasi. BMKG prediksi Makassar diguyur hujan mulai bulan depan /pexels/

JURNAL SINJAI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Makassar berpotensi diguyur hujan pada pekan kedua Bulan November mendatang.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Re'kun Matandung mengatakan musim kemarau dengan fenomena cuaca panas yang suhunya berkisar 33-35 derajat celcius berlangsung hingga Akhir Oktober 2023.

"Kalau pencatatan sendiri, 35 derajat celcius itu paling tinggi sampai saat ini. Bisa sampai akhir Oktober juga," katanya. 

Baca Juga: BMKG Sebut 10 Persen Wilayah di Indonesia Telah Memasuki Musim Hujan

Berdasarkan perkiraan tersebut, ia menyebut potensi terjadinya hujan masuk pada bulan mendatang minggu kedua. "BMKG prediksi musim hujan terjadi di November minggu kedua. Padahal biasanya Oktober sudah hujan," ungkapnya.

Menurutnya, intensitas cuaca panas saat ini jauh lebih tinggi dari pada biasanya. Hal ini merupakan akibat dari dampak fenomena El Nino.

"Untuk yang dikatakan cuaca panas itu kan masih perkiraan, karena itu lebih panas dari biasanya, faktor El Nino," ucapnya.

Olehnya itu, ia mengimbau agar masyarakat menggunakan air sesuai kebutuhan dan juga menghindari potensi terjadinya kebakaran.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 2 Hari Ini

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah