Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Sejumlah Daerah di Sulsel, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Level Awas

- 23 Desember 2022, 12:02 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem. BMKG keluarkan peringatan dini level awas untuk sejumlah daerah di Sulsel
Ilustrasi cuaca ekstrem. BMKG keluarkan peringatan dini level awas untuk sejumlah daerah di Sulsel /Pixabay/WikimediaImages

JURNAL SINJAI – Sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Selatan diprediksi bakal dilanda cuaca ekstrem dengan intensitas hujan sedang hingga lebat mulai 23-25 Desember 2022.

Hal tersebut berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah IV Makassar yang naik ke level awas.

Pelaksana harian Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Kamal mengimbau para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Polda Sulsel Tetapkan 14 Tersangka Korupsi BPNT COVID-19 dari Tiga Kabupaten

Berdasarkan data BMKG, ada sembilan daerah kabupaten/kota telah dikeluarkan peringatan dini level awas terkait cuaca ekstrem mulai 21-31 Desember seperti di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Barru, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Bonedan Soppeng.

"Hasil monitoring perkembangan dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulsel. Analisis model cuaca menunjukkan kelembapan udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb dalam kondisi basah (70-100 persen)," kata Kamal seperti dikutip Jurnal Sinjai dari Antara, Jumat, 23 Desember 2022.

Selanjutnya, kata dia, diprakirakan terjadi perlambatan arus angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian selatan menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan dan bergerak ke wilayah Sulsel.

Terdapat kemungkinan potensi banjir Rob di pesisir barat Sulsel karena bertepatan dengan fase pasang maksimum. Dan dari prakiraan mulai 23-25 Desember 2022, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi.

Baca Juga: Putri Candrawathi Sebut Tak Pernah Jadikan Yosua Sebagai Karungga

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x