Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Sinjai Dihimbau Waspada Bencana

- 28 April 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat /Pixabay.com/adege

JURNAL SINJAI - Kapolres Sinjai, AKBP Fery Nur Abdulah, S.Ik., menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. Imbauan ini disampaikan seiring dengan tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Sinjai akhir-akhir ini.

“Kami menghimbau pada seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, khususnya terhadap dampak yang dapat di timbulkan,” ujar Kapolres Sinjai dikutip dari RRI, Minggu (28/4/2024).

Kapolres Fery menjelaskan bahwa peningkatan kewaspadaan ini dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya bencana alam yang dapat menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan materi yang cukup besar. Beliau menekankan bahwa Kabupaten Sinjai memiliki daerah-daerah yang rawan terhadap banjir dan longsor, terutama di wilayah yang memiliki aliran sungai, perbukitan, dan pegunungan.

Baca Juga: Kabupaten Wajo Punya Calon Jemaah Haji Lansia Paling Banyak di Sulsel

"Apabila, curah hujan tinggi tentu berpeluang sejumlah sungai meluap dan menimbulkan banjir dan longsor. Kami minta kerja sama, baik pemerintah maupun seluruh lapisan masyarakat untuk mengantisipasi serta bersiaga menghadapi bencana yang kapan pun bisa terjadi tersebut,” imbau Akbp Fery Nur Abdulah.

Akbp Fery juga meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan meningkatnya curah hujan. Menurutnya,musibah yang disebabkan alam sangat sulit di prediksi kapan terjadi namun dengan kewaspadaan tinggi diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Untuk itu, Kapolres pun menginstruksikan kepada seluruh Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

“Kami yakin dengan meningkatkan kewaspadaan itu, tentu dapat mengurangi resiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” paparnya.***

Editor: Wahyudi

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x