BMKG Prediksi Fenomena Cuaca Panas di Makassar Berlangsung Hingga Akhir Oktober 2023

- 10 Oktober 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi. BMKG Prediksi Fenomena Cuaca Panas di Makassar Berlangsung Hingga Akhir Oktober 2023
Ilustrasi. BMKG Prediksi Fenomena Cuaca Panas di Makassar Berlangsung Hingga Akhir Oktober 2023 /Pixabay/Sarah_Loetscehr

JURNAL SINJAI – Fenomena cuaca panas dengan suhu berkisar 33-35 derajat celcius di Makassar diprediksi berlangsung hingga akhir Oktober 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut pencatatan suhu 35 derajat celcius menjadi yang paling tinggi saat ini.

"Bisa sampai akhir Oktober juga," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Re'kun Matandung.

Baca Juga: BMKG Prediksi Makassar Diguyur Hujan Mulai Bulan Depan

Berdasarkan perkiraan tersebut, hujan diprediksi bakal terjadi pada minggu kedua bulan November mendatang.  "BMKG prediksi musim hujan terjadi di November minggu kedua. Padahal biasanya Oktober sudah hujan," jelasnya.

Ia menjelaskan, akibat dari dampak fenomena El Nino, membuat intensitas cuaca panas saat ini jauh lebih tinggi dari pada biasanya.

"Untuk yang dikatakan cuaca panas itu kan masih perkiraan, karena itu lebih panas dari biasanya faktor El Nino," ucapnya.

Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat menggunakan air sesuai kebutuhan dan juga menghindari potensi terjadinya kebakaran.

Baca Juga: BMKG IV Makassar Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Deras Hingga Beberapa Hari Kedepan

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah