BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel Berlangsung Hingga 23 Januari, Masyarakat Diminta Waspada

- 21 Januari 2024, 08:27 WIB
BMKG Sulsel mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 23 Januari
BMKG Sulsel mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 23 Januari /Tangkapan layar prediksi cuaca selama sepekan dari laman bmkg.go.id

JURNAL SINJAI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem yang diprediksi akan berlangsung hingga 23 Januari 2024.

"Kondisi itu akan ditandai dengan hujan berintensitas sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang laut tinggi di sejumlah daerah," kata Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha di Makassar, Sabtu 20 Januari 2024.

Dia mengatakan, intensitas hujan paling tinggi kemungkinan terjadi di wilayah Sulsel bagian barat meliputi sebagian wilayah Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Gowa, Takalar, dan Kota Makassar. Kondisi itu disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai 40 km/jam.

Baca Juga: Biasakan Mandi Pagi, Dapatkan Manfaat untuk Kulit dan Kesehatan

Kondisi ini membuat wilayah-wilayah tersebut berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan pohon tumbang.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada khususnya di tempat-tempat yang memiliki potensi banjir, pohon-pohon tinggi yang rapuh, termasuk menghindari wilayah pegunungan.

Sementara untuk wilayah perkotaan seperti Kota Makassar dan sekitarnya perlu mewaspadai potensi banjir atau bencana hidrologi, karena akumulasi hujan yang berhari-hari.

"Selain itu, patut mewaspadai adanya pohon tumbang. Hindari pula daerah pegunungan karena dikhawatirkan tanahnya longgar dan menyebabkan longsor," jelasnya.

Dia juga berharap, kondisi cuaca ekstrem tersebut tidak separah dibandingkan kondisi yang sama dengan tahun lalu.***

 

 

Editor: Wahyudi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x