MotoGP Umumkan Regulasi Baru Motor untuk Musim 2027: Performa Mesin Turun dari 1.000cc ke 850cc

- 7 Mei 2024, 11:14 WIB
MotoGP mengeluarkan regulasi terbaru untuk motor pada 2027
MotoGP mengeluarkan regulasi terbaru untuk motor pada 2027 /motogp.com

JURNAL SINJAI - MotoGP mengumumkan regulasi terbaru motor yang akan diterapkan pada musim 2027. Salah satu poin dalam regulasi itu adalah terkait Cubic Centimeter (CC) mesin.

Regulasi baru ini diklaim demi membuat balapan MotoGP menjadi lebih aman dan menarik.

MESIN

Mulai 2027, ukuran mesin akan dikurangi dari 1000cc menjadi 850cc. Hal ini akan menurunkan kecepatan tertinggi, membuat balapan lebih aman, dan meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.

Lubang maksimum akan berkurang dari 81 menjadi 75 milimeter, yang juga akan membatasi performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya sekaligus memastikan mesin tetap mempertahankan karakteristik yang membuat MotoGP tetap spektakuler.

Untuk menjadikan olahraga ini lebih efisien, jumlah mesin maksimum yang diperbolehkan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga akan dikurangi, dari tujuh menjadi enam.

BAHAN BAKAR

Seperti yang telah diumumkan, MotoGP akan balapan dengan 100% bahan bakar ramah lingkungan mulai tahun 2027. Persentase ini meningkat dari jumlah minimum 40% yang digunakan sejak 2024.

Sebagai bagian dari peraturan baru, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi, dari 22 liter menjadi 20 liter, dan pengendara diperbolehkan menggunakan 11 liter selama Tissot Sprint.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: Crash


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah