Pemprov Sulsel Kembali Musnahkan Ratusan Berkas Arsip Dinamis

- 22 Mei 2024, 15:31 WIB
Penyerahan penghargaan kepada Biro Kesra Sulsel atas kinerja, dedikasi, dan kepedulian dalam mendukung tertib arsip di Sulsel
Penyerahan penghargaan kepada Biro Kesra Sulsel atas kinerja, dedikasi, dan kepedulian dalam mendukung tertib arsip di Sulsel /sulselprov.go.id

JURNAL SINJAI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel kembali melakukan pemusnahan arsip dinamis inaktif, Rabu 22 Mei. Pada kegiatan itu, turut dilaksanakan penyerahan arsip statis di Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Sulsel.

Pemusnahan ini menindaklanjuti Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemusnahan Arsip dan Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Arsip.

Pemusnahan dengan alat pencacah kertas itu dihadiri perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, juga Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Pengurus Wilayah Sulsel.

Baca Juga: Pemberangkatan Dua Calon Jemaah Haji Embarkasi Makassar Tertunda, Ini Penyebabnya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel pun memberikan penghargaan kepada Biro Kesra Sulsel atas kinerja, dedikasi, dan kepedulian dalam mendukung tertib arsip di Sulsel, melalui tiga kali pemusnahan arsip.

Mewakili Plt Kepala Biro Kesra Setda Sulsel, Sub Koordinasi Non Pelayanan Dasar III, Siska Daniel, mengatakan, bahwa Biro Kesra telah melakukan pemusnahan arsip sebanyak tiga kali. Pada tanggal 23 Desember 2021 sebanyak 313 berkas, kemudian tanggal 22 November 2022 sebanyak 735 berkas, dan pemusnahan hari ini sebanyak 597 berkas.

Kabid Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Basri menyampaikan, Biro Kesra mendapatkan apresiasi dari Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, karena telah melakukan pemusnahan yang ketiga kalinya.

Baca Juga: Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Sesuai Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemusnahan Arsip dan Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Arsip, pemusnahan arsip ini menjadi bagian dari proses dalam menjalankan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan terbuka.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulselprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah