PT LIB Pastikan Penggunaan VAR Secara Permanen di Pertandingan Liga 1 Musim 2024/2025

- 11 Juni 2024, 09:02 WIB
Media Public Relation PT LIB Hanif Marjuni menyampaikan mobil VAR sudah sampai di Stadion Si Jalak Harupat dan siap digunakan di pertandingan leg 2 semifinal Liga 1, Persib vs Bali United.
Media Public Relation PT LIB Hanif Marjuni menyampaikan mobil VAR sudah sampai di Stadion Si Jalak Harupat dan siap digunakan di pertandingan leg 2 semifinal Liga 1, Persib vs Bali United. /Adil Nursalam /Simamaung.com

JURNAL SINJAI - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) secara permanen pada kompetisi musim baru 2024/2025.

Penerapan VAR ini juga disampaikan oleh Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

“Penggunaan VAR pada Championship Series BRI Liga 1 2023/24 yang terdiri dari 8 pertandingan telah menjadi titik awal dan menjadi momen bersejarah pada laga sepak bola Indonesia,” sebut Asep Saputra yang lebih akrab disapa Kang Asep itu.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Assi Na Cera oleh Anci Laricci

Ia turut menambahkan bahwa komitmen penggunaan VAR pada pertandingan Liga 1 2024/25 akan dilaksanakan sepanjang musim. Sehingga diperlukan persiapan tersendiri untuk dapat mengakomodasi seluruh stadion sepak bola yang akan digunakan dalam pertandingan. 

Sejauh ini, dana hampir Rp100 miliar telah digelontorkan untuk investasi tersebut.

“Angka tersebut tidak kecil, namun demi meningkatkan kemajuan sepak bola Indonesia untuk dapat terus berprestasi dan berkancah di dunia internasional, kita membutuhkan berbagai inovasi termasuk penggunaan teknologi VAR,” ungkap Asep.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sulawesi Selatan Hari Ini, 11 Juni 2024: Hujan Ringan hingga Sedang di Sebagian Besar Wilayah

Terlepas dari segi biaya, soal SDM dan edukasi juga menjadi hal wajib yang tidak dapat dikesampingkan. Sebab VAR bukan hanya tentang teknologi, namun juga terdapat di dalamnya pelatihan wasit, pembangunan infrastruktur, persetujuan resmi dari FIFA yang dibangun dari berbagai komunikasi, serta edukasi bagi pelaku sepak bola secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: Liga Indonesia Baru


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah