Jelang Ramadhan, Sulsel Catat Inflasi Sebesar 2,49 Persen pada Maret 2022, Cabai jadi Penyebab

- 2 April 2022, 14:10 WIB
Ilustrasi. Kenaikan Harga Cabai Rawit Picu Inflasi Sulsel
Ilustrasi. Kenaikan Harga Cabai Rawit Picu Inflasi Sulsel /Instagram/@sambalcumi_kdiyah

JURNAL SINJAI – Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami inflasi sebesar 2,49 persen (yoy) pada bulan Maret 2022.

Inflasi dipicu oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau; Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya; dan Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga dengan inflasi masing-masing sebesar 1,10 persen; 0,86 persen; dan 0,77 persen (mtm).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Sulawesi Selatan Fadjar Majardi mengatakan inflasi Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau memiliki andil sebesar 0,33 persen yang utamanya dipengaruhi oleh naiknya harga cabai rawit, bawang merah, dan cabai merah.

Baca Juga: Kemenag Sinjai Siapkan 40 Penceramah untuk Ramadhan Tahun ini

"Hal ini dipengaruhi pula oleh berkurangnya pasokan cabai rawit dan cabai merah," ujar Fadjar dalam keterangan resmi yang diterima Jurnal Sinjai, Sabtu, 2 April 2022.

Di sisi lain, lanjut dia, inflasi kelompok makanan yang lebih tinggi tertahan oleh turunnya harga ikan kembung, ikan teri, ikan cakalang, ikan merah, dan kol putih.

Lebih lanjut, secara bulanan, Sulsel mengalami inflasi sebesar 0,54 persen (mtm) atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat mengalami deflasi sebesar -0,04 persen (mtm). Adapun, secara tahun kalender, inflasi Sulsel tercatat sebesar 1,07 persen (ytd).

Sementara itu, secara spasial, dari 5 kota IHK (Bulukumba, Makassar, Palopo, Pare-pare, dan Watampone) di Sulsel, inflasi bulanan tertinggi dialami oleh Kabupaten Watampone sebesar 1,11 persen (mtm), sedangkan inflasi bulanan terendah dialami oleh Kota Palopo yaitu sebesar 0,45 persen (mtm).

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Uang saat Ramadhan Hingga Idul Fitri, BI Sulsel Siapkan Rp4,43 Triliun

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x