Lebih Tinggi Dari Nasional, Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Triwulan IV 2022 Capai 5,11 Persen

- 9 Februari 2023, 12:09 WIB
Direktur BI Sulsel M. Firdauz Muttaqin (kedua dari kanan) memaparkan kondisi perekonomian Sulsel di sepanjang tahun 2022, Rabu, 8 Februari 2023. Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Triwulan IV 2022 tercatat sebesar 5,11 Persen
Direktur BI Sulsel M. Firdauz Muttaqin (kedua dari kanan) memaparkan kondisi perekonomian Sulsel di sepanjang tahun 2022, Rabu, 8 Februari 2023. Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Triwulan IV 2022 tercatat sebesar 5,11 Persen /Dokumen/BI Sulsel



JURNAL SINJAI – Ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat mengalami pertumbuhan pada Triwulan IV 2022 sebesar 5,11% (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,01% (yoy). 

Direktur Bank Indonesia (BI) Sulsel M. Firdauz Muttaqin mengatakan sejalan dengan ekonomi nasional, kinerja perekonomian Sulsel melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,68% (yoy).

"Hal ini dipengaruhi oleh faktor high base effect seiring dengan normalisasi aktivitas masyarakat pada triwulan yang sama di tahun sebelumnya," kata Firdauz.

Baca Juga: Triwulan III 2022, Ekonomi Sulsel Tumbuh 5,67 Persen, Didorong Industri Pengolahan dan Perdagangan

Kendati demikian, kata dia, secara keseluruhan tahun 2022, ekonomi Sulsel tercatat tumbuh 5,09% (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 4,64% (yoy).

Secara rinci, Firdauz menjelaskan dari sisi lapangan usaha (LU) utama, sumber pertumbuhan berasal dari LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan (6,75%; yoy). Permintaan industri dan jasa penyediaan makanan-minuman yang meningkat menjadi insentif bagi peningkatan produksi pertanian, meskipun di tengah tantangan curah hujan yang tinggi.

Selain itu, LU Informasi dan Komunikasi tumbuh 5,94% (yoy) dan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sejalan dengan penguatan digitalisasi. Kinerja LU Pertambangan (4,69%; yoy) juga membaik setelah 3 (tiga) triwulan mengalami kontraksi seiring selesainya maintenance mesin produksi korporasi utama nickel matte.

Lebih lanjut, LU Konstruksi kembali tumbuh positif (2,73%; yoy) setelah terkontraksi pada triwulan sebelumnya didukung oleh berlanjutnya proyek infrastruktur pemerintah. Adapun LU Industri Pengolahan, LU Transportasi & Pergudangan, serta LU Penyediaan Akmamin masih melambat, sejalan dengan perlambatan Konsumsi Rumah Tangga (RT).

Baca Juga: Ekonomi Sulsel Tumbuh 4,27 Persen di Triwulan I 2022, Ekspor dan Konsumsi Rumah Tangga jadi Pendorong Utama

Sementara dari sisi pengeluaran, seluruh komponen ekonomi mengalami perlambatan, ternormalisasi dari pertumbuhan tinggi pada triwulan III 2022.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x