Jelang Nataru, BI Sulsel Siapkan Rp3,17 Triliun Uang Tunai untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat

- 10 Desember 2021, 15:57 WIB
Ilustrasi logo Bank Indonesia.
Ilustrasi logo Bank Indonesia. /Reuters/Iqro Rinaldi

JURNAL SINJAI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,17 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Jumlah tersebut meningkat 6,02 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 yang sebesar Rp2,99 triliun.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan penyiapan uang tersebut dengan pertimbangan aktivitas dan pergerakan ekonomi yang sudah mulai dilonggarkan.

"Besarnya penyediaan uang tunai tersebut didasari pertimbangan aktivitas ekonomi masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan penurunan level PPKM di berbagai daerah," katanya, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Depresi Kerja Bisa Memicu Kesehatan Mental dan Fisik, Lakukan Hal Simple Ini untuk Mengatasinya

Oleh karena itu, pihaknya bakal bersinergi dengan perbankan dalam memaksimalkan pendistribusian uang di berbagai wilayah, termasuk melalui kas titipan agar perbankan Sulsel memiliki kecukupan persediaan uang secara jumlah dan pecahan.

"Dalam pelaksanaannya, BI Sulsel mewajibkan, bank dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang dengan kualitas baik dan optimal termasuk pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM)," ucapnya.

Kemudian, menyediakan layanan penukaran uang kepada masyarakat di loket perbankan sehingga masyarakat dapat memperoleh pecahan uang sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang sesuai dengan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x