Fokus Transisi Energi, Pertalite Bakal Gantikan Premium

- 22 Desember 2021, 23:21 WIB
Ilustrasi SPBU.
Ilustrasi SPBU. /Pixabay/IADE-Michoko/Pixabay

JURNAL SINJAI - Transisi energi yang dicanangkan membuat Pemerintah Indonesia terus mendorong penggunaan bensin RON 90 sebagai bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Hal ini juga menjadi isyarat bakal dihapusnya BBM jenis premium dan fokus pada penggunaan pertalite.

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih dalam keterangan yang dikutip dari Antara, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Bertambah Dua Orang, Jumlah Kasus Positif COVID-19 Varian Omicron di Indonesia Menjadi 5 Orang

Saat ini, kata Soerja, penggunaan premium RON 88 hanya di tujuh negara saja. Volume yang digunakan pun sangat kecil. Kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Perubahan dari premium ke pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen.

Selain itu, ia mengungkapkan pemerintah juga tengah menyusun peta jalan bahan bakar minyak ramah lingkungan di mana nantinya pertalite juga akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

Baca Juga: Dorong Percepatan Vaksinasi, Pemprov Sulsel Siapkan Hadiah Grand Prize 1 Unit Mobil

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax," ujarnya.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x