Perayaan Nataru di Sebagian Wilayah Indonesia Diprediksi Diwarnai Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir

- 24 Desember 2021, 10:38 WIB
Ilustrasi prakiraan cuaca
Ilustrasi prakiraan cuaca /Pixabay/markusspiske/

JURNAL SINJAI - Menjelang perayaan Natal 2021 sebagian wilayah Indonesia diprediksi bakal diguyur hujan sedang hingga lebat khususnya di sebagian kawasan ibu kota serta laut timur.

Dilansir dari Antara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku akibat pengaruh suspek bibit siklon tropis di wilayah laut timur.

Selain itu, potensi angin kencang dapat terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Prakiraan cuaca wilayah Pulau Sumatera perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Baca Juga: Jelang Nataru, Stok Beras Dipastikan Aman Hingga Masa Panen Tahun Depan

Potensi yang sama juga dapat terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Jawa dari Banten hingga Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan juga memiliki potensi yang sama, termasuk sebagian besar wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, kecuali Gorontalo dan sebagian besar wilayah Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, prakiraan cuaca di tingkat ibu kota provinsi di Indonesia didominasi hujan ringan di Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Surabaya, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjungpinang, Ambon, Mataram, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Manado dan Padang.

Kemudian prakiraan cuaca hujan lebat disertai petir pada wilayah ibu kota di Indonesia, di antaranya Bengkulu, Jambi, Banjarmasin, Lampung dan Kupang.

Cuaca cerah dan berawan diprakirakan berada di Banda Aceh, Denpasar, Gorontalo, Ternate, Kendari dan Medan.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah