Pemprov Sulsel Dapat Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Tahun 2024 dari Kemenkumham

- 15 Juni 2024, 19:45 WIB
Menkumham Yasonna Laoly memberikan penghargaan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto
Menkumham Yasonna Laoly memberikan penghargaan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto /IST/

JURNAL SINJAI - Pemerintah Provinsi Sulsel menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa Tahun 2024 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenkumham). 

Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad, di sela Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum, yang dilaksanakan di Hotel Claro, Jum'at, 14 Juni 2024.

Andi Arsjad dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kepala desa/lurah dan perangkat desa yang telah hadir dalam acara ini. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa/keurahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Baca Juga: 3 Wakil Indonesia Masuk Final Australia Open 2024: Hendra Setiawan Kembali Catat Rekor

Ia mengungkapkan, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa telah mengubah sistem dan struktur desa secara hakiki.

Menurutnya, perubahan ini membawa dampak yang sangat luas bagi penyelenggaraan pemerintahan, perencanaan pembangunan dan sistem penganggaran dalam menunjang penyelenggaraan pemerintahan di desa.

"Parameter penilaian atas kualitas tata kelola pemerintahan desa dapat dilihat dalam tiga variabel utama, yaitu prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas," ucap Andi Arsjad, dalam sambutannya.

Baca Juga: Jelang Iduladha 1445 H, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Tambah Stok LPG 3 Kg di Sulsel

"Kita juga berharap agar ke depan mudah-mudahan jumlah desa atau kelurahan sadar hukum bisa lebih meningkat lagi," terangnya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulselprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah