Triwulan IV 2021, Utang Luar Negeri Indonesia Capai 415,1 Miliar Dolar AS

- 15 Februari 2022, 14:49 WIB
Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV-2021 mencapai  415,1 miliar dolar AS. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj
Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV-2021 mencapai 415,1 miliar dolar AS. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj /Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

JURNAL SINJAI - Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV tahun 2021 mencapai 415,1 miliar dolas AS.

Angka ini turun dari triwulan sebelumnya yang sebesar 424 miliar dollar AS.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, penurunan itu disebabkan oleh penurunan ULN dari berbagai sektor seperti sektor publik yakni pemerintah dan bank sentral serta sektor swasta.

Baca Juga: Prediksi Sporting CP vs Manchester City: Head to Head dan Susunan Pemain di Babak 16 Besar Liga Champions UEFA

"Secara tahunan posisi ULN triwulan IV 2021 terkontraksi 0,4 persen (yoy) setelah tumbuh 3,8 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya," katanya di Jakarta, Selasa, 15 Februari 2022.

Erwin menjelaskan, ULN pemerintah triwulan IV tahun lalu sebesar 200,2 miliar dolar AS, menurun dari posisi triwulan sebelumnya yang sebesar 205,5 miliar dolar AS.

Penurunan ULN terjadi seiring beberapa seri Surat Berharga Negara (SBN) yang jatuh tempo dan pelunasan sebagian pokok pinjaman di triwulan IV 2021.

Selain itu, volatilitas di pasar keuangan global yang cenderung tinggi turut berpengaruh pada perpindahan investasi dari SBN ke instrumen lain sehingga mengurangi porsi kepemilikan investor nonresiden pada SBN.

"Sepanjang triwulan IV-2021, ULN pemerintah tetap diarahkan pada pembiayaan sektor produktif dan diutamakan untuk mendukung belanja prioritas termasuk kelanjutan upaya mengakselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x