Inflasi Sulsel Capai 1,12 Persen di Juli 2022, Bawang Merah dan Cabai jadi Penyebab

- 2 Agustus 2022, 10:14 WIB
Ilustrasi. Pedagang menjajakan bawang merah di pasar, Jumat (1/7/2022). Bawang merah menjadi sah satu komoditi penyebab inflasi di Sulsel yang mencapai 1,12 Persen di bulan Juli 2022
Ilustrasi. Pedagang menjajakan bawang merah di pasar, Jumat (1/7/2022). Bawang merah menjadi sah satu komoditi penyebab inflasi di Sulsel yang mencapai 1,12 Persen di bulan Juli 2022 /Antara/Asep Fathulrahman/

JURNAL SINJAI – Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami inflasi sebesar 1,12 persen (mtm) pada bulan Juli 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,33 persen (mtm).

Causa Iman Karana menjelaskan inflasi bulanan di Sulsel utamanya disumbang oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau; dan Transportasi dengan inflasi masing-masing sebesar 1,53 persen dan 3,48 persen (mtm).

Baca Juga: Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar MyPertamina, Berikut 11 Daerah Tahap 1 yang Wajibkan per 1 Juli 2022

"Inflasi bulanan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau memiliki andil inflasi sebesar 0,46 persen yang utamanya dipengaruhi oleh kenaikan bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah karena terbatasnya pasokan dan belum masuknya masa panen raya," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Jurnal Sinjai, Senin, 1 Agustus 2022.

Ia menambahkan, inflasi bulanan pada kelompok transportasi memiliki andil inflasi sebesar 0,40 persen utamanya dipengaruhi oleh kenaikan harga tarif angkutan udara seiring dengan kenaikan harga avtur dunia, peningkatan mobilitas masyarakat akibat libur sekolah/tahun ajaran baru, dan penyesuaian tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC) oleh operator bandara.

Secara spasial, dari 5 kota IHK (Bulukumba, Makassar, Palopo, Pare-pare, dan Watampone) di Sulsel, inflasi bulanan tertinggi dialami oleh Kota Makassar sebesar 1,25 persen (mtm), sedangkan inflasi bulanan terendah dialami oleh Kota Watampone, yaitu sebesar 0,52 persen (mtm).

Secara tahun kalender, inflasi Sulsel tercatat sebesar 4,07 persen (ytd), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 2,92 persen (ytd). Sementara itu, inflasi tahunan Sulsel tercatat sebesar 4,99 persen (yoy).

Baca Juga: Cara Daftar MyPertamina jika ingin Beli Pertalite dan Solar per 1 Juli 2022 Nanti

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x