Konsumsi Diprediksi Meningkat Selama Nataru, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Tambah Stok BBM dan LPG

- 22 Desember 2022, 18:24 WIB
EGM Patra Niaga Sulawesi Erwin Dwiyanto saat memaparkan kesiapan Pertamina jelang natal dan tahun baru.
EGM Patra Niaga Sulawesi Erwin Dwiyanto saat memaparkan kesiapan Pertamina jelang natal dan tahun baru. /Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga Sulawesi

JURNAL SINJAI – Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memprediksikan adanya lonjakan konsumsi BBM dan LPG di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

EGM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Erwin Dwiyanto memproyeksikan konsumsi dan ketersediaan stok selama Natal dan Tahun Baru.

“Kami melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi dengan memprediksi kenaikan konsumsi pada momen Natal dan Tahun Baru untuk sektor transportasi. BBM Gasoline sebesar 5 persen Gasoil sebesar 3 persen dan LPG 3kg sebesar 4 persen dan LPG Non Subsidi sebesar 2 persen serta kenaikan konsumsi Avtur sebesar 2,8 persen dibandingkan kondisi konsumsi normal tahun ini (rerata sampai dengan oktober 2022),“ kata Erwin.

Baca Juga: Larangan Ekspor Bijih Bauksit Mulai Juni 2023, Presiden Jokowi: Bakal Tingkatkan Pendapatan Negara

Atas dasar tersebut Pertamina melakukan penambahan stok (build up stock) sebesar 10 persen untuk BBM, extra dropping sampai dengan 11 persen untuk LPG dan 4 persen untuk Avtur.

Erwin memastikan stok BBM dan LPG dalam keadaan aman. Namun ia menghimbau masyarakat tidak perlu melakukan pembelian secara berlebih karena bahan bakar dipastikan selalu tersedia di semua lembaga penyalur selama periode siaga satu penyaluran energi.

Erwin mengungkapkan Pertamina melakukan beberapa extra effort antara lain dengan membentuk satuan tugas (satgas) Pertamina Siaga mulai tanggal 15 Desember - 8 Januari yang akan memonitor secara ekstra untuk menjamin distribusi kesiapsiagaan seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG serta keadaan khusus emergency lainnya yang dapat mengganggu kelancaran distribusi.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan stakeholder baik Pemda, kepolisian maupun pihak terkait lainnya untuk mendukung hal itu,” ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Larang Ekspor Bijih Bauksit Mulai Juni 2023, Mulai yang Mentah Hingga yang Dicuci

Dalam mendukung kelancaran perjalanan pihaknya menambah layanan berupa 22 Motorist Pertamina Delivery Service yang standby dilokasi rawan kemacetan yang senantiasa siaga untuk meluncurkan energi melalui Call Center 135 ke lokasi dimana konsumen berada.

“Khusus selama periode Pertamina Siaga kami menyediakan 13 SPBU Kantong (Mobile Storage) se-Sulawesi yang berfungsi untuk mendekatkan supply BBM dibanding dengan kondisi normal yang akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan kota konsentrasi perayaan Natal di Toraja dan Sulawesi Utara serta beberapa titik Jalur Wisata Utama di Sulawesi antara lain di Manado, Tomohon, Toraja, Malino dan Tg Bira,” tutur Erwin.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x