Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Pangan Alami Kenaikan Hampir di Seluruh Wilayah Indonesia

- 22 Maret 2023, 11:26 WIB
KPPU paparkan langkah antisipasi kenaikan harga komoditas pangan jelang Ramadhan.
KPPU paparkan langkah antisipasi kenaikan harga komoditas pangan jelang Ramadhan. /KPPU RI

JURNAL SINJAI – Menjelang bulan suci Ramadhan, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebut kenaikan di tingkat produsen terjadi di beberapa komoditas pangan khususnya pada wilayah Pulau Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat), Pulau Jawa (Banten dan Jateng) serta Jambi, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

 

Pada tingkat konsumen, kenaikan terjadi hampir di seluruh wilayah. Dari pengawasan, kenaikan perlu diwaspadai dan diantisipasi pada komoditas beras premium, beras medium, cabe rawit merah serta jagung pilpilan kecil dikarenakan komoditas tersebut merupakan salah satu bahan baku utama untuk memproduksi produk penting lainnya. Antisipasi perlu dilakukan guna menghindari terjadinya kelangkaan yang berdampak pada kenaikan harga.

Baca Juga: Info Loker Indomaret 2023: PT Indomarco Prismatama Buka Lowongan Penempatan Yummy Choice Samarinda

Direktur Ekonomi KPPU, Mulyawan Renamanggala mengatakan momentum hari besar keagamaan seringkali memberikan tekanan pada harga berbagai komoditas bahan pokok. Untuk mengantisipasi hal tersebut, KPPU baik di tingkat pusat maupun wilayah aktif melakukan pengawasan di lapangan atas berbagai komoditas penting.

"Dalam masa menjelang Ramadhan 1444 H ini, KPPU menemukan berbagai kenaikan harga di berbagai komoditas. Dari koordinasi yang dilaksanakan dengan pemerintah, berbagai kelangkaan barang tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor cuaca dan hama, kenaikan permintaan menjelang hari besar keagamaan, pengurangan subsidi biaya produksi, atau adanya peremajaan tanaman pangan," jelas Mulyawan dalam forum dengan jurnalis tentang antisipasi tindakan anti persaingan menjelang Ramadhan yang dilaksanakan secara daring, Selasa, 20 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: KPPU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x