Tekanan Inflasi di Bulan April Masih Diprediksi Terjadi, TPID Sulsel Fokuskan Pengawasan di 3 Komoditas

- 9 April 2023, 23:23 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana /BI Sulsel

JURNAL SINJAI – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan mencatatkan inflasi gabungan 5 Kota IHK di Sulsel pada Maret 2023 sebesar 0,75% (mtm). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan Nasional yang mengalami inflasi 0,18% (mtm). 

Secara tahunan, inflasi gabungan 5 kota IHK di Sulsel tercatat 5,86% (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya yang tercatat 5,65% (yoy), serta lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional (4,97%; yoy).

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana memperkirakan pada bulan April 2023, tekanan inflasi di Sulsel masih akan tetap terjadi.

Baca Juga: Hingga Pekan ke-2 Ramadan Penarikan Uang Capai Rp1,55 Triliun

"Kondisi tersebut sejalan dengan prediksi peningkatan permintaan masyarakat pada bulan Ramadan dan jelang HBKN Idul Fitri, khususnya terhadap komoditas bahan makanan, pakaian, dan transportasi," ujar Pak CIK sapaan  akrabnya.

Mengantisipasi risiko tekanan inflasi komoditas pangan pada momen Ramadan dan HBKN Idul Fitri, TPID Sulsel telah menyepakati langkah pengendalian inflasi yang lebih intensif, khususnya terhadap komoditas beras, cabai, dan perikanan.

Ia menjelaskan untuk komoditas beras, TPID Sulsel mengadakan pertemuan dengan pelaku usaha penggilingan untuk membuat komitmen penyerapan beras didukung oleh Pemda dan Satgas Pangan.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x