Jelang Idul Fitri, Harga Pangan Pokok Secara Nasional Alami Fluktuasi, Cabai Rawit Merah Turun 35,30 Persen

- 18 April 2023, 18:48 WIB
Ilustrasi. Cabai rawit merah menjadi komoditas yang mengalami penurunan paling dalam selama Ramadan.
Ilustrasi. Cabai rawit merah menjadi komoditas yang mengalami penurunan paling dalam selama Ramadan. /Faruq/Boltim News

JURNAL SINJAI – Harga pangan pokok secara rata-rata nasional di sepanjang bulan Ramadan menunjukkan fluktuasi yang cukup terkendali.

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional (BAPANAS), presentase kenaikan harga bahan pokok nasional berkisar di antara 0,05 persen hingga 1,25 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu.

 

Bahkan harga cabai rawit merah tercatat sebagai komoditas dengan penurunan harga rerata yang paling tinggi secara nasional, yakni mencapai 35,30 persen, jika dibandingkan dengan bulan lalu.

Baca Juga: Konsumsi Diprediksi Meningkat Hingga 2,5 Persen, Pertamina Pastikan Pasokan LPG Jelang Lebaran Aman

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Afif Hasbullah mengatakan hal ini menunjukkan semua pihak, khususnya Pemerintah maupun pelaku usaha, berkomitmen menjaga agar harga pangan pokok untuk tetap kondusif melalui kelancaran dan ketersediaan pasokan di pasar dan menghindari adanya perilaku anti persaingan.

Sebagaimana diketahui, KPPU bertugas untuk memastikan persaingan usaha berjalan dengan baik guna berkontribusi dalam pengendalian inflasi. Khususnya pada momentum hari besar keagamaan yang seringkali memberikan tekanan pada harga berbagai pangan pokok.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x