Konsumsi BBM dan LPG di Sulawesi Diprediksi Naik di Masa Nataru, Pertamina Siapkan Stok Tambahan

- 16 Desember 2023, 14:35 WIB
Konsumsi BBM dan LPG di Sulawesi Diprediksi Naik di Masa Nataru, Pertamina Siapkan Stok Tambahan
Konsumsi BBM dan LPG di Sulawesi Diprediksi Naik di Masa Nataru, Pertamina Siapkan Stok Tambahan /Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi

JURNAL SINJAI - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memprediksikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Sulawesi meningkat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto mengatakan, khusus di sektor transportasi, diprediksi terjadi kenaikan BBM Gasoline sebesar 4 persen, namun untuk Gasoil mengalami penurunan sebesar 3,7 persen.

Sementara untuk konsumsi LPG 3 kg mengalami peningkatan sebesar 4 persen, LPG Non Subsidi sebesar 2 persen serta kenaikan konsumsi Avtur sebesar 2,9 persen dibandingkan kondisi konsumsi normal bulan Oktober tahun ini.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan BBM dan LPG di Sulawesi saat Momen Nataru, Pertamina Tambah Stok hingga 10 Persen

Melihat kondisi tersebut, Pertamina melakukan build up stock sebesar 10 persen untuk BBM, penambahan sampai dengan 3-4 persen extra dropping LPG dan 10 persen untuk Avtur.

Pada masa Nataru, Pertamina melakukan kinerja ekstra dengan membentuk Satgas Nataru mulai tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 yang akan memonitor secara ekstra untuk menjamin distribusi kesiapsiagaan seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG serta keadaan khusus emergency lainnya yang dapat mengganggu kelancaran distribusi.

"Masyarakat tidak perlu khawatir apalagi sampai panic buying, belilah sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan," ucapnya di sela kegiatan konferensi pers, mengenai kesiapan Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi di Kota Manado, Jumat, 15 Desember 2023.

Dalam mendukung kelancaran perjalanan, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menambah layanan berupa Pertamina Delivery Service, 186 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Siaga selama 24 jam serta 352 Agen & Outlet LPG Siaga untuk mengcover wilayah demand yang tinggi, dan juga menyediakan 7 SPBU Kantong (Mobile Storage) se-Sulawesi.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x