BMKG Prediksi Curah Hujan Berpotensi Meningkat Sepekan Kedepan, Termasuk di Sulsel

- 9 Januari 2022, 22:56 WIB
Ilustrasi cuaca
Ilustrasi cuaca /Pexels.com/Frank Cone

JURNAL SINJAI - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait adanya potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Sulsel sepekan kedepan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, peringatan itu merupakan hasil dari monitoring perkembangan kondisi cuaca di seluruh Indonesia.

"Saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia," kata Guswanto lewat keterangan tertulisnya, Minggu (9/1/2021).

Guswanto mengatakan, hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Desember 2022 menunjukkan 96,8 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, dengan periode musim hujan diprediksi umumnya terjadi pada periode Januari 2022.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Rusak 45 Rumah Warga di Luwu, Dinsos Sulsel Salurkan Bantuan

Selain itu, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia.

"Terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," terangnya.

BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada 9-15 Januari 2022 berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, yakni: Kepulauan Riau; Bangka Belitung; Jambi; Sumatera Selatan.

Selanjutnya Bengkulu; Lampung; Banten; DKI Jakarta; Jawa Barat; Jawa Tengah; DI Yogyakarta; Jawa Timur; Bali; Nusa Tenggara Barat; Nusa Tenggara Timur; Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimatan Selatan; Sulawesi Selatan; dan Sulawesi Barat.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x