Berhasil Tembus Pasar Australia, Produk Kendaraan Indonesia Sudah Diekspor ke Empat Benua

- 15 Februari 2022, 15:28 WIB
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Tengah) saat melepas ekspor perdana mobil ke pasar Australia, di Karawang, Selasa (15/2/2022). ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden/pri.
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Tengah) saat melepas ekspor perdana mobil ke pasar Australia, di Karawang, Selasa (15/2/2022). ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden/pri. /

JURNAL SINJAI - Produk mobil Indonesia yang berhasil diekspor ke Australia mendapat banyak pujian. Salah satunya hadir dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus Gumiwang mengatakan, bahwa produksi otomotif Indonesia akhirnya mampu menembus pasar Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat, baik dari segi aturan bahan bakar, emisi, dan keamanan.

"Alhamdulillah Presiden Joko Widodo berkenan hadir hari ini untuk melepas ekspor ke Australia dan disertai beberapa produk ke Jepang. Sama dengan Jepang, akhirnya kita bisa mengekspor produk kita ke Australia, yang terkenal memiliki spesifikasi ketat," kata Menperin dalam Pelepasan Ekspor Kendaraan Toyota ke Australia secara virtual, Selasa, 15 Februari 2022.

Baca Juga: Otomotif Indonesia Berhasil Tembus Pasar Internasional, Jokowi Puji Merek Mobil Ini

Dengan tembusnya otomotif RI ke negeri Kanguru ini, maka produk kendaraan Indonesia telah diekspor ke empat benua di dunia, yakni Amerika, Afrika, Asia, dan Australia.

"Sehingga jelas mereka akan menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor dari produk-produk Toyota," ujar Agus.

Saat ini di Indonesia kata Agus, industri alat angkutan otomotif tumbuh yaitu 17,82 persen. Pemain industri otomotif nasional terdapat 21 perusahaan yang kapasitas produksinya 2,5 juta unit per tahun.

Kemenperin berupaya menindaklanjuti arahan presiden terkait pentingnya peningkatan investasi, peningkatan nilai tambah, dan juga perluasan pasar ekspor, termasuk membuka pasar ekspor baru termasuk Australia.

 Baca Juga: Triwulan IV 2021, Utang Luar Negeri Indonesia Capai 415,1 Miliar Dolar AS

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah