Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Wafat: Berikut Profil dan Sepak Terjangnya Selama Hidup

- 18 September 2022, 15:31 WIB
Profil Azyumardi Azra, Tokoh Pembaharuan Islam Indonesia yang Sukses Pimpin Dewan Pers hingga Akhir Hayat
Profil Azyumardi Azra, Tokoh Pembaharuan Islam Indonesia yang Sukses Pimpin Dewan Pers hingga Akhir Hayat /Instagram @prof.azyumardi

JURNAL SINJAI - Prof Azyumardi Azra meninggal dunia, Minggu 18 September 2022. Ketua Dewan Pers Indonesia itu wafat saat tengah berada di Malaysia.

Almarhum tutup usia setelah mendapatkan perawatan intensif di Coronary Care Unit (CCU) RS Serdang, di Selangor, Malaysia. Dia mengalami sesak nafas dalam perjalanan menuju Kuala Lumpur.

Keberadaan Prof Azyumardi Azra diketahui untuk menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam, Sabtu 17 September 2022.

Baca Juga: Viral Video Perempuan di Sulsel Dipukul Berkali-kali oleh Seorang Pria: Kubunuh Kau!

Presiden ABIM, Muhammad Faisal Abd Aziz mengatakan Profesor Azyumardi Azra awalnya dijadwalkan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut bersama dengan beberapa pembicara lainnya yang berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darusalam.

Konferensi tersebut akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Profil Profesor Azyumardi Azra

Dilansir dari dewanpers.or.id, Azyumardi Azra terpilih sebagai anggota Dewan Pers 2022 – 2025 dari unsur tokoh masyarakat. Ia kemudian didapuk menjadi Ketua Dewan Pers pada periode ini.

Karir pendidikan tingginya dia mulai di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada tahun 1982. Setelah memperoleh beasiswa Fullbright, Prof Azra meraih gelar Master of Art (MA) pada Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah, Columbia University pada 1988.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x