Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Sejumlah Provinsi di Indonesia

- 28 November 2023, 10:14 WIB
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Sejumlah Provinsi di Indonesia
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Sejumlah Provinsi di Indonesia /Portal Bandung Timur/heriyanto/

JURNAL SINJAI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia pada Selasa, 28 November 2023.

Provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut adalah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu.

Lalu ada DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Baca Juga: Ramalan Cuaca BMKG Hari Ini, Rabu 01 November 2023: Ini Daerah yang Diprediksi Turun Hujan

Selanjutnya, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan bahwa kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode dasarian I Desember 2023, dan dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG Perkirakan Fenomena El Nino Akan Berakhir pada Februari - Maret 2024

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x