Kompleks Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang Selesai Direvitalisasi

- 18 April 2024, 07:34 WIB
Peresmian revitalisasi Kompleks Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin
Peresmian revitalisasi Kompleks Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin /sulselprov.go.id

JURNAL SINJAI - Kompleks makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang, yang terletak di Jalan Bonto Biraeng, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa selesai direvitalusasi.

Revitalisasi ini dinisiasi Polda Sulsel dalam hal ini Kapolda Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, telah merevitalisasi. Revitalisasi ini merupakan bagian dari komitmen untuk menghargai jasa para pahlawan dan memperindah situs bersejarah di daerah tersebut.

Peresmian dilakukan bersama Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, pada Rabu, 17 April 2024.

Baca Juga: Lewat Drama Adu Penalti, Real Madrid Singkirkan Machester City untuk Tempat di Semifinal Liga Champions

Kondisi makam yang sebelumnya terkesan kusam dan kurang terawat kini telah diperbaiki. Pekerjaan yang dilakukan meliputi pengecatan luar dan dalam makam, pembuatan papan nama, pembangunan pendopo/balai istirahat, dan pengecatan pagar tembok keliling.

Saat ini, makam tampak bersih dan asri. Kubah makam yang sebelumnya kusam, kini telah dicat putih dengan aksen merah dan emas, mencerminkan nuansa merah putih dan kesan religi yang kental.

Pj Gubernur menyampaikan bahwa kawasan ini memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata, sekaligus menjadi pengikat secara kultural dan kebanggaan bagi warga Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Justin Hubner Terbang ke Qatar, Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Bahkan ini bisa menjadi potensi bagi daerah untuk menjadi tempat wisata, sekaligus jadi pengikat kita secara kultural, bangga menjadi warga Sulawesi Selatan," kata Bahtiar.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulselprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah