Gunung Ruang Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer

- 30 April 2024, 12:29 WIB
Erupsi Gunung Ruang Sitaro
Erupsi Gunung Ruang Sitaro /Facebook /

JURNAL SINJAI - Gunung Ruang, yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan erupsi pada hari Selasa, 30 April 2024, pukul 08.35 WITA. Erupsi ini menghasilkan kolom abu vulkanik tebal berwarna kelabu hingga hitam yang mencapai ketinggian 5 kilometer di atas puncak kawah.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, erupsi Gunung Ruang disertai dengan dentuman dan awan panas yang meluncur ke arah timur dan selatan.

"Erupsi disertai awan panas ke segala arah," ujarnya, Selasa.

Erupsi ini mendorong PVMBG untuk menaikkan status Gunung Ruang dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

Peningkatan status ini menandakan bahaya yang lebih besar dan potensi erupsi yang lebih dahsyat. PVMBG meminta penduduk di sekitar Gunung Ruang untuk tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hadapi Irak di Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23

Sedangkan, penduduk yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer.

Kemudian, penduduk di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

Pada 1 sampai 28 April 2024, jumlah kegempaan tercatat sebanyak 6 kali gempa letusan, 15 kali gempa guguran, 1 kali gempa tremor, 1 kali gempa tremor non harmonik, 3 kali gempa tremor menerus, 2.057 kali gempa vulkanik dalam, 1.018 kali gempa vulkanik dangkal, 32 kali gempa tektonik lokal, dan 195 kali gempa tektonik jauh, serta gempa terasa sebanyak 7 kali dengan skala I MMI.

Halaman:

Editor: Wahyudi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah