Pj Gubernur Sulsel Dapat Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja

- 19 April 2024, 23:29 WIB
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menerima gelar adat dari Dewan Adat Saoraja
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menerima gelar adat dari Dewan Adat Saoraja /Sulselprov

JURNAL SINJAI - Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mendapat gelar adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone. 

Daeng Mappuji melambangkan sosok pemimpin yang penuh cinta dan kasih sayang terhadap masyarakatnya, berwibawa, dan tegas dalam menjalankan amanah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara pengukuhan ini dilangsungkan di Arajang, Rumah Jabatan Bupati Bone, Jum'at, 19 April 2024, yang dilaksanakan setelah prosesi adat pra Mattompang Arajang.

Baca Juga: Hati-hati Penipuan Berkedok Kembaran Entitas Resmi! Satgas PASTI Ingatkan Bahaya Impersonation!

Tokoh adat Bone, Andi Yusha Tenri Tappu, menjelaskan, pengukuhan gelar adat kepada Bahtiar Baharuddin diberikan karena asli orang Bugis Bone, atau dalam Bahasa Bugis dikenal sebagai Tau Deceng Wija Tau Bone, sebagai orang baik keturunan Bone.

"Semua yang berkontribusi kepada Bone di masa lampau itu dapat dikukuhkan sebagai Tau Deceng," ujarnya.

Dia menguraikan bahwa ada dua jenis pengukuhan untuk orang Bone asli, yaitu dengan nama Petta dan Daeng. Andi Muhammad, mantan Pangdam XIV Hasanuddin dan cucu Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki, dikukuhkan dengan gelar bangsawan Bugis Petta. Sementara itu, Bahtiar Baharuddin yang dikukuhkan sebagai Tau Deceng diberikan gelar kebangsawanan Daeng.

Baca Juga: Waspada Pinjaman Online dan Investasi Bodong! Satgas PASTI Kembali Blokir 585 Entitas Ilegal

"Jadi tinggal dikukuhkan karena asli Bone. Kalau Andi diberi Pa' Petta-nya kalau Tau Deceng diberi Pa' Daeng-nya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulselprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah