Kabupaten Bantaeng Berangkatkan 204 Calon Jemaah Haji Tahun Ini, Ibu Rumah Tangga Mendominasi

- 20 April 2024, 19:19 WIB
 Ilustrasi suasana ibadah haji di Mekkah. / PMJ News/Etty).
Ilustrasi suasana ibadah haji di Mekkah. / PMJ News/Etty). /

JURNAL SINJAI - Kabupaten Bantaeng akan memberangkatkan 204 calon jemaah haji tahun ini. Dar daftar tersebut, jemaah dengan latar belakang ibu rumah tangga (IRT) mendominasi.

Data ini diungkap oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantaeng Ahmad Jaelani pada acara pembukaan bimbingan manasik haji reguler tingkat kabupaten yang digelar di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Kamis 18 April 2024.

Dari 204 calon jemaah Haji asal kabupaten Bantaeng itu, 87 di antaranya adalah Ibu Rumah Tangga (IRT), petani 51 orang, PNS 38 orang, wiraswasta 19 orang, pegawai BUMN / BUMD 2 orang, pensiunan 2 orang, serta 5 orang tanpa keterangan.

Baca Juga: Timeline Rencana Perjalanan Haji Tahun 1445 H/2024 M, Berangkat 12 Mei hingga Wukuf

Dengan melihat jumlah calin jemaah haji yang diominasi perempuan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muh Tonang meminta kepada jemaah agar bijak dalam menggunakan media sosial (bermedsos).

“Sekarang adalah era dimana setiap kejadian atau peristiwa bisa tersebar begitu cepat melalui media sosial. Untuk itu saya wanti-wanti agar jemaah bijak dalam bermedsos,” pintanya.

Hal ini penting, kata Tonang, mengingat informasi yang disebarkan melalui media sosial belum tentu kebenarannya dapat dipertanggunjawabkan, bahkan terkadang menimbulkan keresahan dan kegaduhan di tengah masyarakat.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Sulsel 7.813 Orang, Berangkat Mulai 12 Mei

“Olehnya itu saya minta agar jangan mengupload hal-hal yang di luar kewenangan bapak ibu jemaah sekalian. Tolong berkoordinaslah dengan petugas kloter yang mendampingi,” imbaunya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah