Status Gunung Ruang Turun ke Level Siaga, PVMBG Imbau Masyarakat Tetap Waspada

- 22 April 2024, 20:16 WIB
Penampakan Gunung Ruang pasca erupsi
Penampakan Gunung Ruang pasca erupsi /

JURNAL SINJAI - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengumumkan penurunan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dari Level Awas (IV) menjadi Level Siaga (III).

"Tingkat aktivitas Gunung Ruang diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam laporan yang diterima di Jakarta, Senin.

Hendra mengatakan potensi bahaya saat ini berupa erupsi skala kecil dengan sebaran material erupsi terbatas di sekitar puncak.

Baca Juga: Kematian Kepala Desa Pararra Luwu Utara Janggal, Polisi Lakukan Investigasi 

Menurut dia, material hasil erupsi mengalami penumpukan pada lereng atas bagian timur yang berpotensi menjadi guguran atau longsoran batuan.

"Pelepasan gas berpotensi masih terjadi dengan skala cenderung menurun sebagai tahap akhir dari rangkaian erupsi," kata Hendra.

Lebih lanjut dia menyampaikan seiring dengan penurunan status itu, maka rekomendasi jarak aman juga berkurang dari sebelumnya sejauh enam kilometer saat ini menjadi radius empat kilometer dari pusat kawah aktif.

PVMBG merekomendasikan pemukiman masyarakat di Pulau Tagulandang harus berada di luar radius empat kilometer agar terhindar dari bahaya erupsi.

Baca Juga: Polri Siagakan 7.783 Personel Amankan Sidang Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan," ucap Hendra.***

Editor: Wahyudi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x