Kemenag Sulsel Pantau Hilal Penentuan Awal Dzulhijah 1445 H Sore Ini di Mal GTC Makassar

- 7 Juni 2024, 14:42 WIB
Kemenag Sulsel bersama BMKG melakukan survei penijauan hilal di Mal GTC Makassar
Kemenag Sulsel bersama BMKG melakukan survei penijauan hilal di Mal GTC Makassar /sulsel.kemenag.go.id

JURNAL SINJAI - Kantor Kemenag Provinsi Sulsel akan melakukan pemantauan hilal penentuan awal Dzulhijah 1445 H / 2024 M sore ini di Jumat 7 Juni 2024 pukul 16.30 WITA di Mal GTC Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Pemantauan akan dilaksanakan Tim Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel bersama unsur terkait, termasuk beberapa Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan dan Organisasi Keagamaan.

"Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga sengaja dipilih karena tingkat penghalang dan hambatan (obstacle) untuk melihat hilal sangat rendah dari sekian lokasi yang ada di Makassar. Pantai Galesong Takalar juga bagus namun jarak kesana cukup jauh," ujar Muh. Nur, Ketua Tim Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel.

Baca Juga: Ganda Putra Indonesia Tersisa Sabar/Reza dan Bagas/Fikri di Babak 8 Besar Indonesia Open 2024

Dijelaskan Muh. Nur, tingkat obstacle yang rendah di puncak gedung Mall GTC Tanjung Bunga tersebut turut mempengaruhi tingkat akurasi dan lamanya pengamatan hilal.

“Akurasi pemantauan sangat ditentukan oleh tingkat penghalang yang ada. Cuaca berawan ataukah turun hujan tentu turut berpengaruh pada terlihat tidaknya hilal, apalagi akhir-akhir ini cuaca di wilayah Makassar relatif berawan disertai hujan,” jelasnya.

Beberapa sebelumnya, Kemenag Sulsel telah ​​​​​​​melakukan survei lokasi pemantauan hilal dengan menggandeng Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar.

Baca Juga: Marc Marquez Siap Bersaing Memperebutkan Titel MotoGP Musim Depan

Diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang isbat di Auditorium Kantor Kemenag RI Jakarta untuk menetapkan awal Dzulhijjah 1445 H serta jadwal Idul Adha 2024 pada 7 Juni 2024 M. 

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulsel.kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah