KM Umsini Kabakaran di Pelabuhan Makassar, PT Pelni Sampaikan Permohonan Maaf: Tak Ada Korban Jiwa

- 9 Juni 2024, 13:22 WIB
Tangkapan layar video amatir warga yang merekam kebakaran KM Umsini milik PT Pelni
Tangkapan layar video amatir warga yang merekam kebakaran KM Umsini milik PT Pelni /

JURNAL SINJAI - Kapal Motor (KM) Umsini mengalami kebakaran saat berada di Pelabuhan Makassar, Minggu 9 Juni dini hari. Atas kejadian itu PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) pun menyampaikan permohonan maaf.

PT Pelni dalam siaran persnya menginformasikan bahwa insiden kebakaran yang dialami oleh KM Umsini sudah berhasil ditangani. Tak korban jiwa atas peristiwa ini.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengatakan sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 Wita dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin. Api berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 Wita.

Baca Juga: Terungkap! Marc Marquez Ternyata Tolak Klausul Ducati MotoGP yang Disetujui Jorge Martin

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. ABK kapal dengan cepat berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat pemadam CO2 yang tersedia di atas kapal, dan saat yang bersamaan menurunkan penumpang ke dermaga. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait," ujar Evan.

Saat kejadian, di atas kapal terdapat 1.677 orang dengan tujuan Surabaya, Jakarta dan Kijang. Evan menambahkan, penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal Pelni lainnya yang akan melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa 11 Juni, sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," tambah Evan.

Baca Juga: Kloter Calon Jemaah Haji Terakhir Berangkat, Embarkasi Makassar Total Terbangkan 16.644 Orang

Dampak dan penyebab kebakaran sendiri akan segera dilakukan pemeriksaan setelah proses pendinginan selesai. Evan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses penanganan kebakaran, termasuk pihak pemadam kebakaran Kota Makassar yang sudah menyiagakan 13 (tiga belas) unit mobil pemadam di dermaga saat insiden terjadi.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: pelni.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah